Gempa di Abruzzo: pengukuran pertama

Gempa di Abruzzo: pengukuran pertama
Sebuah gempa bumi berkekuatan (ML) 5,8 terjadi pada 03:32:39 kabupaten Italia L'Aquila April 6


Jaringan INGV Nasional Gempa mencatat gempa bumi berkekuatan 5,8 (Richter besar) (Mw = momen magnitudo 6,2) di dekat Aquila, 6 April 2009 pukul 03:32 (waktu Italia). Koordinat pusat gempa adalah: Lat. 42.33N dan Long. 13.33E. Kedalaman hiposenter sama dengan 8,8 km. Gempa ini ditandai dengan mekanisme ekstensional, dengan arah pesawat kesalahan berorientasi NW-SE dan NE-BD dari ekstensi (anti Apennine). Hal ini disampaikan oleh Institut Nasional Geofisika dan Vulkanologi.

Gempa itu diikuti oleh puluhan gempa susulan, yang terkuat dari yang terjadi pukul 4:37 Italia dengan besarnya sama dengan 4,6. Semua guncangan ini terjadi pada kedalaman kerak (dalam 10-12 km), khas dari gempa bumi apennines. Kondisi ini mengarah pada kebencian yang kuat dari gemetar di daerah epicentral. Semua stasiun dari Jaringan Nasional INGV seismik telah jelas mendeteksi gelombang seismik yang dihasilkan oleh kejutan utama.

Daerah ini telah dikenakan seismic swarm sering dengan fitur dari bulan Januari 2009, dengan ratusan sengatan semua ukuran sederhana, hingga besarnya 4.0 peristiwa terjadi pada tanggal 30 Maret tahun lalu. Hal ini menggarisbawahi fakta yang menurutnya kondisi pengetahuan, tidak mungkin untuk mewujudkan prediksi gempa deterministik (prediksi lokasi, alamat dan kekuatan acara tersebut). Hal ini berlaku bahkan dalam kehadiran fenomena urutan atau kawanan seismik yang dalam banyak kasus terjadi tanpa menyebabkan terjadinya peristiwa yang kuat. Sebuah kejutan seperti yang terjadi hari ini biasanya diikuti oleh sejumlah replika, beberapa yang mungkin akan menjadi daerah sensibili.La pernah menjadi lokasi gempa bumi besar. Secara khusus, aktivitas hari ini adalah antara penghentian selatan dari kesalahan yang sudah diaktifkan pada saat gempa tahun 1703 (Int MCS MCS tingkat X, sama dengan sekitar magnitudo 6,7) dan batas utara kesalahan terkait dengan katalog gempa 1349, dan salah satu disebut "Ovindoli-Piani di Pezza". Harap diingat bahwa kota yang bersangkutan jatuh antara kategori pertama dan kedua klasifikasi seismik dari wilayah nasional. Dalam beberapa tahun terakhir daerah itu tidak terpengaruh oleh gempa bumi yang kuat.

Segera setelah peristiwa itu terjadi, Institut telah memobilisasi dengan mengirimkan fasilitas di daerah yang terkena seperti tim darurat mobile dan detektor lainnya.

Perkiraan awal gempa tersebut rusak antara 10 dan 15 ribu bangunan, keluarga pengungsi mungkin 45 ribu. Skenario berbicara tentang 'korban banyak, rumah yang terluka dan beberapa banyak runtuh. " Kata Kepala Perlindungan Sipil, Guido Bertolaso, meninggalkan untuk L'Aquila. Rumah Sakit San Salvatore 'Aquila telah menderita kerusakan parah dan cedera. Polisi mereka akan mempertimbangkan kemungkinan evakuasi, bahkan parsial. Kerusakan parah bahkan di kota-kota kecil dan desa di kota-kota yang lebih kecil. Untuk cek dan kontrol di viaduk ditutup pada jalan raya Roma-Aquila (A24) antara Valle del Salto dan Assergi di kedua arah. Jumlah korban tewas dan kerusakan dari gempa yang melanda provinsi ini dari Aquila tampaknya ditakdirkan untuk naik.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts